Rabu, 10 Februari 2016

CARA PRAKTIS BELAJAR MENYUSUN PTK
1.        Menentukan Judul
Judul yang baik dalam PTK harus memenuhi 2 kriteria :
a.    Singkat
·      Tidak mengulang kata
·      Jangan menulis kata yang tidak diperlukan
b.    Jelas
·      Adanya variabel masalah
·      Adanya variabel tindakan
·      Adanya subyek penelitian
·      Adanya tempat penelitian
·      Adanya waktu penelitian
c.    Mampu menyebutkan variabelnya
d.   Mampu menyebutkan tindakan-tindakan
e.    Menyebutkan cara meneliti
2.        Menentukan permasalahan
Permasalahan dalam hal ini dimaknai adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Ciri permasalahan dapat dilihat dari adanya sesuatu perubahan terutama variabel. Permasalahan inti dalam PTK meliputi 3 hal, yaitu:
a.    Aspek sikap
b.    Aspek pengetahuan
c.    Aspek ketrampilan
Contoh cara merumuskan masalah:
1)   Mengajar melalui pendekatan ................
2)   Mengajar melalui strategi ..................
3)   Mengajar melalui metode ....................
4)   Mengajar melalui tehnik .....................
5)   Mengajar melalui media .....................
6)   Mengajar melalui alat peraga .............



3.        Menentukan kajian teori
Kajian teori yang disusun dalam PTK sebaiknya :
a.       Mengandung kebenaran menurut metode ilmiah artinya didasarkan pada teori dan empirik
b.      Sebagai dasar kebenaran berdasarkan pada teori atau buku rujukan
c.       Teori yang diambil harus relevan, baik dengan permasalahan yang diteliti maupun variabelnya
d.      Diambil atau dikutip dari teori yang terup to date atau terbaru
e.        Dikutip dari berbagai aliran
f.       Tidak harus dibuat kesimpulan dan sebaiknya diambil dari buku, apabila dari internet sebaiknya dipilah yang jelas
g.      Urutan dalam penulisannya bebas

4.        Menentukan kerangka berpikir
Kerangka berpikir dapat diartikan sebagai analisis, kajian atau gejala deduksi antar variabel, contoh bagan kerangka berpikir:



5.        Menentukan hipotesis tindakan
Hipotesis merupakan jawaban sementara dan diperlukan untuk menjawab rumusan masalah. Penulisan hipotesis, sebaiknya :
a.    Menyalin kalimat kerangka berpikir dengan menghilangkan kata “diduga”
b.    Menyalin rumusan masalah dengan menghilangkan kata “apakah” , “dan”

6.        Contoh penerapan dalam menyusun PTK
Judul “Penerapan Membaca Sintopikal dengan metode Reading Guide (X) dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Karakter (Y1) dan Hasil Belajar (Y2) Siswa SMP Negeri 16 Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 – 2015”  
A.    Latar Belakang
1.      Alinea pertama
a.       Menulis kondisi awal siswa (kenyataan) yaitu Y1 dan Y2 rendah
b.      Menulis kondisi awal peneliti dengan kondisi belum X
2.      Alinea kedua
a.       Menulis kondisi akhir (harapan) siswa yaitu Y1 dan Y2 meningkat, dengan dijelaskan alasan perlunya ditingkatkan.
b.      Menulis kondisi akhir peneliti yaitu sudah X, dengan dijelaskan alasan mengapa harus sudah X
3.      Alinea ketiga
a.       Menuliskan masalah yang dihadapi siswa atau kenyataan Y1 dan Y2 rendah dan harapannya Y1 dan Y2 meningkat
b.      Menuliskan masalah peneliti yaitu kenyataan belum X dan harapannya sudah X 
4.      Menuliskan solusinya, yaitu perlu adanya tindakan yang dilakukan oleh peneliti yaitu X. Tindakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan Y1 dan Y2
B.     Identifikasi Masalah
Umumnya berbentuk kalimat tanya, dan kalimat ini tidak harus dijawab, tidak harus rinci minimal mengacu pada Y
C.     Pembatasan Masalah (bila ada)
1.      Menulis masalah apa saja yang dibahas dalam penelitian
2.      Menulis penjelasan Y1
3.      Menulis penjelasan Y2
4.      Menulis penjelasan X
D.    Rumusan Masalah
Umumnya berupa kalimat tanya tetapi harus dijawab, jawabannya dapat dituliskan di BAB II dan BAB V. Penulisan kalimat tanyanya harus rinci, contoh :
1.      Apakah melalui X dapat meningkatkan Y1 bagi siswa .............?
2.      Apakah melalui X dapat meningkatkan Y2 bagi siswa .............?
3.      Apakah melalui X dapat meningkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa .............?
E.     Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
a.       Untuk meningkatkan Y1
b.      Untuk meningkatkan Y2
c.       Untuk meningkatkan Y1 dan Y2
2.      Tujuan Khusus
a.       Melalui X untuk meningkatkan Y1 bagi ................
b.      Melalui X untuk meningkatkan Y2 bagi ................
c.       Melalui X untuk meningkatkan Y1 dan Y2 bagi ................
F.      Manfaat Penelitian
1.      Bagi Siswa
a.       Dapat meningkatkan Y1
b.      Dapat meningkatkan Y2
c.       Dapat meningkatkan Y1 dan Y2
2.      Bagi Peneliti
a.       Melalui X dapat meningkatkan Y1 bagi siswa
b.      Melalui X dapat meningkatkan Y2 bagi siswa
c.       Melalui X dapat meningkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa
3.      Bagi Sekolah
4.      Bagi Teman Sejawat
5.      Bagi Perpustakaan Sekolah

7.        Minimal waktu yang ideal dalam penyusunan PTK adalah 12 jam atau 2 siklus, dimana dalam 1 siklus diperlukan waktu 2 tatap muka atau 4 jam dan alangkah lebih baik didahului dengan pra siklus sebagai pembanding dalam PTK.